Harga Asuransi Mobil Polis All Risk Dan TLO

Dalam setiap perusahaan asuransi pastinya mempunyai peraturan-peraturan tertentu yang berbeda dengan asuransi yang lainnya. Termasuk di dalamnya mengenai harga asuransi mobilnya, perbedaan harga ini secara umum lumrah terjadi karena merupakan saingan dalam memperolah nasabah yang mau mengasuransikan kendaraannya pada perusahaan asuransi tersebut.

Harga Asuransi Mobil Polis All Risk Dan TLO

Secara umum dalam penentuan harga asuransi mobil ini akan melihat kepada beberapa faktor yang ada pada mobilnya sendiri atau hal lain seperti keadaan ekonomi dan yang lainnya. Sementara untuk yang berasal dari faktor mobilnya, harga asuransi mobil dapat berasal dari:
  • Jenis asuransi yang diambil polisnya (polis all risk atau TLO)
  • Nilai atau harga mobilnya
  • Tahun mobil
  • Jenis nomor kendaraan (plat)
Perbedaan yang inti dalam penentuan harga asuransi mobil biasanya akan tergantung kepada jenis polis asuransi yang diambil. Jenis polis sendiri secara umum dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu jenis asuransi all risk (comprehensive) dan jenis polis total loss only (TLO). Kedua jenis asuransi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan berikut ini penjelasannya:

1. Asuransi mobil All Risk (comprehensive). Untuk asuransi ini dalam melakukan ganti rugi terhadap kendaraan, pihak perusahaan asuransi akan menanggung atas kerugian sebagian atau keseluruhan dari mobil akibat kecelakaan, kebakaran, kejatuhan benda, tabrakan, benturan, kriminalitas, dan kecelakaan lalu lintas lainnya. Dalam asuransi all risk biasanya untuk harga polisnya akan lebih mahal karena fasilitas layanan yang tersedia lebih banyak dan menyeluruh.

2. Asuransi mobil Total Lost Only (TLO). Untuk jenis asuransi ini penangungan perusahaan asuransi atas kerugian atau kecelakaan mobil yang mengalami kerusakan total atau lebih dari 75%. Sehingga untuk kerusakan yang di bawah 75% maka pihak perusahaan tidak akan menanggungnya. Untuk harga polisnya sendiri dalam polis TLO ini lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi all risk. Ini karena perbedaan dalam fasilitas layanan yang didapat dari kedua asuransi ini.

Selanjutnya dalam penentuan harga asuransi mobil ini, juga akan berkaitan dengan ada tidaknya tambahan dalam perluasan yang dilakukan. Perluasan ini merupakan cakupan tambahan perlindungan yang diberikan atas segala kejadian yang akan terjadi, seperti tsunami, banjir, kerusuhan, terorisme, dan yang lainnya. Untuk tambahan ini tergantung dari kebutuhan yang akan digunakan, karena akan tergantung dari tempat dan juga situasi dan kondisi.

Komentar

Postingan Populer