Ikan Seperti Menghilang Ungkap Nelayan Rowo

Nelayan di Desa Rowo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, tidak lagi setiap hari melaut. Bukan karena gelombang besar, melainkan ikan di laut seperti menghilang.

Sudah sejak awal Agustus kondisinya seperti itu. Bahkan, sebelumnya mereka sama sekali tidak melaut selama empat bulan akibat gelombang besar.

"Kami baru kembali melaut pada awal Agustus. Sekarang gelombang sudah cukup bersahabat. Namun ikan di laut seperti menghilang. Berkali-kali melaut, selalu pulang tanpa hasil," ujar seorang nelayan, Pairun (52) beberapa waktu lalu.

Ikan Seperti Menghilang Ungkap Nelayan Rowo

Sekali melaut, Pairun menghabiskan sekira 10 liter bahan bakar. Belum lagi untuk biaya makan dan lainnya.

Meski rugi karena tidak mendapatkan ikan, Pairun dan nelayan yang lain sesekali masih mengadu keberuntungan, tetap pergi melaut. "Karena sekarang lagi sepi ikan, seminggu hanya dua kali melaut," katanya.

Di tempat penampungan ikan (TPI) Rowo, ada sekira 30 perahu dengan jumlah nelayan sekira 100 orang. TPI Rowo berada di aliran Sungai Wawar yang membelah Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Purworejo. Jarak TPI dengan laut sekira 1,5 kilometer.

Di saat tidak melaut, beberapa nelayan mendayung perahu kayu di Sungai Wawar untuk mencari ikan dan kece, serta mencari kayu bakar dengan mengambil kayu-kayu yang hanyut terbawa arus sungai. Nelayan yang lain, sibuk di ladang tadah hujannya.

Komentar

Postingan Populer